Peran Penting Perempuan dalam Sustainable Investing

Popularitas Sustainable Investing di Kalangan Perempuan

Sustainable Investing adalah investasi yang dapat memberikan keuntungan dengan tetap menguntungkan dari sisi lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan. Investasi ini adalah investasi ESG. Investasi ESG menjadi pilihan yang paling dicari pasar investasi dunia karena selain lebih sustainable, Investasi ESG memiliki pertumbuhan yang cepat.

Tren tersebut juga terjadi di kalangan investor perempuan. Hal ini diperkuat oleh penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa sekitar 67% investor perempuan ingin dana investasi mereka digunakan untuk bisnis yang mendukung kebaikan lingkungan dan sosial.

Selain lebih sustainable dan pertumbuhannya yang cepat, dana yang digunakan untuk investasi ESG bisa digunakan untuk kegiatan bisnis yang lebih ramah lingkungan.

Saat ini, perempuan memiliki kesempatan yang setara dalam segala hal. Beberapa kesempatan itu adalah berinvestasi dan menduduki posisi dalam dewan direksi (Silverton, 2018).

Terlebih beberapa negara sudah membuat peraturan mengenai komposisi dewan direksi perempuan di perusahaan. Jika peraturan tersebut tidak dipatuhi, perusahaan akan diberi sanksi oleh negara (Al Jaifi, 2020).

Melihat fenomena yang sudah dijelaskan sebelumnya, perempuan memiliki cukup pengaruh dalam investasi ESG.

“Lalu seperti apa peran perempuan yang berpengaruh dalam investasi ESG?”

______

Perempuan Menangani Pelaporan ESG Perusahaan Lebih Baik

Penelitian Arraysi (2016) menjelaskan informasi ESG menjadi lebih baik jika terdapat perempuan yang menanganinya. Memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam memahami dan membentuk investasi ESG, membuka peluang bagi perempuan di puncak perusahaan besar.

Sekarang, banyak perempuan yang ahli di bidang tertentu dan beberapa dari mereka memiliki posisi di jajaran direksi di perusahaan. Dengan demikian, mereka juga ikut menangani pengungkapan ESG perusahaannya, termasuk aspek investasi.

Perempuan cenderung memiliki gaya kerja yang melibatkan komunikasi partisipatif, pengambilan keputusan demokratis dan orientasi proses, yang memfasilitasi identifikasi dan pemenuhan kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan serta mematuhi regulasi yang berlaku(Birindelli, 2018).

Sehingga, tingkat partisipasi perempuan yang lebih tinggi dalam dewan direksi dapat meningkatkan tata kelola perusahaan, meningkatkan pengambilan keputusan perusahaan, serta lebih kritis dalam memenuhi kepentingan pemangku kepentingan (Arraysi, 2016).

Perempuan dalam dewan direksi secara positif juga berpengaruh pada kontribusi kegiatan amal perusahaan, perubahan iklim, dan kegiatan CSR. Sehingga perempuan tampaknya memiliki empati yang lebih besar terhadap masalah sosial dan lingkungan serta praktik keberlanjutan.

Perusahaan dengan partisipasi perempuan yang lebih tinggi pada dewan direksi perusahaannya lebih cenderung membelanjakan dan melaporkan kegiatan terkait sosial dan lingkungan dan/ atau memilih proyek sosial yang efektif (Arraysi, 2016).

Perempuan Lebih Berhati-hati dalam Investasi

Menurut penelitian yang dilakukan S&P Global Market Intelligence, When Women Lead, Firms Win, perusahaan dengan CFO perempuan lebih menguntungkan dan menghasilkan kinerja harga saham yang superior dibandingkan dengan rata-rata pasar.

Penelitian juga menunjukkan bahwa perusahaan dengan keragaman gender yang tinggi di dewan direksi lebih menguntungkan dan lebih besar daripada perusahaan dengan keragaman gender yang lebih rendah (Qureshi, 2020).

Selain itu, secara umum terdapat konsensus di antara para peneliti bahwa perempuan lebih berhati-hati dalam mengambil risiko dibandingkan laki-laki dan perempuan cenderung melakukan strategi dengan risiko lebih rendah dalam keputusan investasi dana mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh Olsen dan Cox (2001) di antara investor profesional juga mengungkapkan bahwa wanita lebih tertarik pada keuntungan tetap dari investasi. Temuan ini juga sejalan dengan penelitian lain yang mengungkapkan bahwa wanita lebih sensitif terhadap isyarat sosial dan lebih menghargai praktik ramah lingkungan (Przychodzen dkk, 2018).

Hal ini menunjukkan bahwa perempuan memiliki peranan penting dalam investasi ESG. Peran tersebut paling terasa pengaruhnya ketika perempuan memiliki posisi yang tinggi di perusahaan. Namun, tidak menutup kemungkinan peranannya juga berasal dari ‘warga biasa’ yang juga menjadi investor.

Peranan mereka juga cukup besar dalam investasi pasar modal, terutama investasi ESG. Perempuan cenderung lebih hati-hati dan menghindari risiko serta memilih investasi yang memiliki keuntungan yang lebih ‘sustainable’.

“Investasi ESG dengan pertumbuhan yang cepat dan keuntungan yang lebih ‘sustainable’ dapat lebih menarik investor perempuan. Perputaran dana yang diinvestasikan pun diharapkan dapat digunakan dalam bisnis yang lebih ramah lingkungan.”

______

Keterlibatan Perempuan dalam Sustainable Investing

Saat ini sudah banyak perempuan yang menjabat posisi-posisi penting di perusahaan, seperti dewan direksi. Secara langsung, perempuan yang menjabat sebagai dewan direksi dapat mempengaruhi strategi dan keputusan investasi perusahaan.

Didukung dengan banyaknya minat perempuan untuk menginvestasikan uangnya pada investasi ESG, membuat investasi ESG semakin dipertimbangkan di pasar modal.

Kesimpulannya adalah perempuan memiliki kesempatan dan peranan penting dalam segala aspek kehidupan. Dalam tulisan ini adalah investasi yang berhubungan dengan lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan.

Dengan saling bantu serta sadar akan kesetaraan kesempatan dan peran perempuan, dunia yang lebih ‘ramah lingkungan’ akan mudah terwujud.

Selamat Hari Perempuan Internasional!

______

Baca juga artikel-artikel lain di laman ini!

https://staging.cesgs.or.id/2021/02/11/keragaman-gender-peran-perempuan-dalam-esg-di-dunia/

https://staging.cesgs.or.id/2021/01/26/sustainable-investing-dan-6-prinsipnya/

https://staging.cesgs.or.id/2021/01/25/3-alasan-utama-perusahaan-sulit-berkomitmen-pada-esg-investing/

Share This Story, Choose Your Platform!

About the author : Ikbar Luqyana

Find Us On Facebook

Tags